Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Sistem Pernapasan Yang Terintegrasi Al-Qur’an Surah Al-An’am Terhadap Hasil Belajar

  • Sri Agusna Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Kartika Manalu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Keyword : Jigsaw, Learning Outcomes, Respiratory System, The Qur’an Surah Al-An’am.

Abstract

ABSTRACT

 This study aims to determine the effect of the jigsaw type cooperative learning example on student learning outcomes in the integrated respiratory system material Al-Qur’an Surah Al-An’am in class VIII MTs.S PPM Babussalam. The population in this study means all students of class VIII, totaling 108 students. The sample used was class, totaling27 students and class VIII-3 being the experimental class, totaling 27 students. Data analysis was performed using t test. What will happen is the analysis of the t-count value of 4.425> the t-table value of  2.006 which gives the effect of student learning outcomes using the jigsaw type cooperative learning example on the learning outcomes of class VIII MTs.S PPM Babussalam student. The post test result of students in the experimental class have a big effect. Holistically, students answers include good criteria.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR RUJUKAN
Ananda, Rusydi dan Amiruddin. 2017. Inovasi Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita
Mardianto, 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing
Masluchah, Yeni, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. (PGSD FIP, Surabaya).
Hertiavi, dkk. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Semarang: Jurusan Pendidikan Fisika.
Herviza, dkk, 2018. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Peserta Didik SMPN 3 Kaur. (Pendidikan Biologi, Bengkulu).
Ifa, Maria, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Boyolangu Pada Standar Kompetensi Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3), (Pendidikan Teknik Elektro, Surabaya).
Irawati, Intan. 2014. Pf-23: Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Kelas XII MAN 15 Jakarta.
Irwandi, dan Lidya, Herawati. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. (Pendidikan Biologi Pasca Sarjana, Semarang).
Kahar, dkk, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. (Pendidikan Matematika, Sorong).
Rismawati, dkk, 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. (Program S-1 PGSD, Tasikmalaya).
Rosyidah, Ummi, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 METRO. (Pendidikan Matematika, Lampung).
Suryani, Nunuk dan Agung Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Syamsunardi, dan Nur Syam. 2019. Pendidikan Karakter Keluarga dan Sekolah. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Tanjung, Indayana Febriani. 2018. Strategi Pembelajaran Biologi. Medan: CV. Widya Puspita.
Trisianawati, dkk, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor Di Kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. (Pendidikan Fisika, Pontianak).
Published
2022-04-25
How to Cite
Agusna, S., & Manalu, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Sistem Pernapasan Yang Terintegrasi Al-Qur’an Surah Al-An’am Terhadap Hasil Belajar. Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 3(1), 19-26. https://doi.org/10.32939/symbiotic.v3i1.53