Pengembangan E-Modul Biokimia Berbantuan Flip PDF Professional Pada Materi Karbohidrat Sebagai Sumber Belajar Mandiri Mahasiswa

  • Titin Mairisiska INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI
Keywords: E-Modul, Flip Pdf Professional, independent learning resources

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangakan E-modul dengan bantuan Flip PDF Professional pada mata kuliah Biokima pada materi Karbohidrat agar dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi Karbohidrat, mengatasi keterbatasan waktu dan sarana prasarana yang masih kurang serta membantu mahasiswa dalam belajar mandiri. Model pengembangan yang dipilih adalah model ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 2 orang ahli untuk menentukan tingkat kevalidan produk yang dikembangkan dan 18 mahasiswa untuk menentukan tingkat kepraktisan produk yang dikembangkan. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-modul yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis, dengan rata-rata tingkat kevalidan dari ahli media dan materi adalah sebesar 82,5% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian pada angket respon mahasiswa diperoleh rata-rata persentase sebesar sebesar 90,1% dengan kriteria kepraktisan “sangat praktis”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-modul Biokimia dengan materi Karbohidrat teruji kevalidan dan kepraktisannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, E. C., Kusumajanto, D. D., & Wahyudi, Hendri Dian, H. R. (2021). Pengembangan E-modul Berbantuan Aplikasi Flip Builder pada Mata Pelajaran Marketing (studi pada kelas X bisnis daring dan pemasaran SMKN 1 Turen). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(2), 163–171.
Hamdani, (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 308.
Lismaya, L. (2017). Penerapan pembelajaran biokimia berbasis student center learning (SCL) terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Bioeduin: Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 7 (1).
Prasetyo, E. B., & Cahyaka, H. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Menggunakan Media Maket pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Atap di Kelas XII-TGB SMK Negeri Kudu. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2), 161–167.
Priambudi, Panji. (2018). Street Smart Slide Tips Praktis Mendesain Slide Presentase Kelas Dunia. Malang: PT Literasi MediaTama.
Rahmatan, H. (2016). Biochemistry concept level of difficulty profile of prospective biology teachers’ perception. Proceedings of the 6th Annuual International Conference Syiah Kuala University (AIC Unsyiah) in Conjunction with the 12th International Conference on Mathematics, Statistics and Its Application (ICMSA) 2016, 363–366.
Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Model Flipped-Blended Learning. Genta Mulia, 11(2), 150–163.
Sari, Bintari Kartika. (2017). Design Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Tema Design Pembelajaran di Era ASEAN Economic Community (AEC) untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan University Muhammadiyah Sidoarjo. ISBN 978-602-70216-2-4.
Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektonik (E-Modul) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. Jurnal Tadris Kimiya, 4(1), 48–56.
Sugiyanto, D, dkk. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Jurnal INVOTEC, Volume IX, No.2,101-116.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Susilawati, S., Pramusinta, P., dan Saptaningrum, E. (2020). Penguasaan Konsep Siswa Melalui Sumber Belajar E-modul Gerak Lurus Dengan Sofware Flipbook Maker. Jurnal. Vol 9 No 1.
Usman. (2019). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Biokimia Yang Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 106–112.
Yuen, M.-, Chan, Koo, A.-, Choo, & Woods, P. C. (2018). Online Video For Self-Directed Learning In Digital Animation. Tojet: The Turkish Online Journal Of Educational Technology, 17(3), 91–103.
Published
2022-04-25
How to Cite
Mairisiska, T. (2022). Pengembangan E-Modul Biokimia Berbantuan Flip PDF Professional Pada Materi Karbohidrat Sebagai Sumber Belajar Mandiri Mahasiswa. Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 3(1), 9-18. https://doi.org/10.32939/symbiotic.v3i1.57