Pengaruh Blended Learning Menggunakan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Biologi (Studi Eksperimen Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Pada Materi Sistem Ekskresi)

  • Nur Fauziah Universitas Siliwangi
  • Romy Faisal Mustofa Universitas Siliwangi
  • Mufti Ali Universitas Siliwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning menggunakan quipper school terhadap hasil belajar biologi pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021 sampai bulan Agustus 2022. Metode penelitian yang digunakan  quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian the nonequivalent control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 181 peserta didik dan sampel yang digunakan 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pilhan majemuk untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Ekskresi Manusia. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independen. Berdasarkan hasil penelitian, hasil pengolahan data, dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa blended learning menggunakan quipper school pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang signifikan terutama terhadap aspek C1 (Mengingat). Perolehan skor rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 14,31 dan posttest sebesar 23,55 sedangkan perolehan skor rata-rata pretest pada kelas kontrol sebesar 13,93 dan posttest sebesar 21,30

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Karthwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (1st ed.; A. Prihantoro, Ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Binethara, P. (2017). Identifikasi soal ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS) mata pelajaran biologi berdasarkan taksonomi bloom revisi anderson (Studi deskriptif di SMA se-kecamatan gadingjero kabupaten pringsewu tahun ajaran 2015/2016) (Vol. 15).

Damanik, R. N. (2019). Daya Tarik Pembelajaran Berbasis Blended Learning di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 803–809. Retrieved from http://semnasfis.unimed.ac.id

Fap, A. M., & Hardini, A. T. A. (2021). Blended learning untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar di masa pandemI Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 17–25. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.39680

Herawati, A. A., Afriyati, V., Habibah, S., & Pratiwi, C. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning untuk Mengurangi Burnout Belajar Pada Perkuliahan Bimbingan dan Konseling Keluarga di Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Bengkulu. 3(2), 40–48.

Kasyadi, Y., Kresnadi, H., & Sugiyono. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Tipe Jigsaw di Kelas IV. 1–12.

Kristiningrum, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning dengan Menggunakan Media Quipper School Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA Pada Pokok Bahasan Trigonometri SMA Negeri 1 Banyumas Tahun Ajaran 2018/2019.

M, N., S, S., & Hamdani. (2020). Analisis kemampuan kognitif peserta didik dalam menyelesaikan soal momentum dan impuls. 1(2017), 1–7.

Marini, Sulisworo, D., & Ishafit. (2017). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Berbantukan Media Aplikasi Quipper School terhadap Minat , Kemandirian , dan Hasil Belajar pada Materi Gelombang Mekanik Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cawas. 8(2), 81–88.

Misnawati. (2020). Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid - 19 : Syncronous and Asynchronous (Blended E-Learning).

Murthadha, M. (2017). Perbandigan penggunaan aplikasi quipper school dan edmodo terhadap hasil belajar pada materi jaringan hewan di kelas XI MIA SMA Negeri 11 Makassar (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8092/1/SKRIPSI MURTADA_.pdf

Nasution, N., Jalinus, N., & Syahril. (2019). Buku Model Blended Learning (B. Simamora, Ed.). Retrieved from http://repository.unp.ac.id/26576/1/0_Buku Model Balnded Learning.pdf

Nurlaila, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Matematika Materi Fungsi di SMAN 2 Trenggalek (Institut Agama Islam Negeri Tulunggagung). Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/15883/

Permata, K. K. L. I. (2021). Problematika Penggunaan Google Clasroom Sebagai Sarana Pembelajaran di Era Covid - 19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Kota Bengkulu.

Sari, I. K. W., & Wulandari, R. (2020). Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajaran IPA SMP. 3, 145–152.

Simorangkir, A., & Napitupulu, M. A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 52–61. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/17301/13178

Sohaya, E. M. (2018). Pemanfaatan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Mengembangkan dan Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 5, 584–594.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta Bandung.

Uma, E. R. (2016). Pemanfaatan Quipper School di Kalangan Siswa SMA (Studi Deskriptif tentang Pemanfaatan Quipper School sebagai Media Pendukung Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jombang) (Universitas Airlangga Surabaya). Retrieved from https://repository.unair.ac.id/54998/13/SKRIPSI FULL - PEMANFAATAN QUIPPER SCHOOL-min.pdf

Published
2022-10-27
How to Cite
Nur Fauziah, Mustofa, R. F., & Ali, M. (2022). Pengaruh Blended Learning Menggunakan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Biologi (Studi Eksperimen Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Pada Materi Sistem Ekskresi). Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 3(2), 90-101. https://doi.org/10.32939/symbiotic.v3i2.79