Pengaruh Suhu Terhadap Waktu Fermentasi Nira Aren (Arenga pinnata Merr.)

  • Olan Tri Sinaga universitas negeri padang
  • Resti Fevria Universitas Negeri Padang
  • Violita Violita Universitas Negeri Padang
  • Moralita Chatri Universitas Negeri Padang

Abstract

Nira aren merupakan salah satu minuman tradisional yang memiliki khasiat bagi kesehatan. Nira merupakan cairan manis yang diperoleh dengan cara menyadap bunga jantan dari pohon aren. Pohon aren merupakan pohon yang hampir semua bagian fisik maupun produksinya dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis salah satunya produksi air nira. Nira merupakan cairan manis yang terdapat di dalam bunga tanaman aren yang dimanfaatkan dalam pembuatan  gula aren dan tuak, kolang-kaling, ijuk, dan tepung. Nira segar juga digunakan untuk obat sariawan, TBC, disentri, wasir dan memperlancar buang air besar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh suhu terhadap waktu fermentasi  nira aren (Arenga pinnata Merr.). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 perlakuan dan 6 ulangan  dilakukan  pada Bulan Desember 2019-Februari 2020  di Laboratorium Penelitian  Terpadu Biologi FMIPA UNP. Parameter dari penelitian ini adalah pengukuran pH dan kadar alcohol sebelum fermentasi sampai fermentasi selesai. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji lanjut DMRT dengan taraf nyata 0,05. Hasil yang didapatkan suhu ruang dengan rata-rata pH 6,88125 dan pada suhu kulkas dengan rata-rata pH 6,924445 serta pada suhu lemari pendingin dengan rata-rata pH 6,893939. Sedangkan kadar alkohol tidak berpengaruh pada setiap perlakuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti,A., Rochmayani, M. dan Aulia, R. 2018. NAWAKE (NIRA WATER KEFIR) : Pemanfaatan Nira Aren Sebagai Minuman Fungsional Kaya Probiotik. AGRITECH. Vol. XX No. 1.
Azizah, N., Al-Baari, A dan N, Mulyani, S. 2012. Pengaruh Lama Fermentasi Terhadap 8 Kadar Alkohol, Ph, Dan Produksi Gas Pada Proses Fermentasi Bioetanol Dari Whey Dengan Substitusi Kulit Nanas. Aplikasi Teknologi Pangan. Vol.1.No2.
Carl, S. P. 1971. Microbiology and Food Fermentation. The AVI Publishing Company Inc.Connecticut.
Carr, F. J., D. Chill, and N. Maida. 2002. The Lactic Acid Bacteria: A Literature Survey. Crit. Rev. Microbiol.
Effendi, Dedi, S. 2010. Prospek Pengembangan Tanaman Aren (Arenga Pinnata Merr) Mendukung Kebutuhan Bioethanol di Indonesia. Perspektif . Vol. 9 No. 1.
Fatriani, S dan N.S Prayudi, Ferry. 2012. ,Pengaruh Umur Pohon Aren (Arenga pinnata Merr.) Terhadap Produksi Nira Di Desa Pulantan Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Hutan Tropis Volume 13 No. 1.
Heyne, K., 1950. Tumbuhan Berguna Indonesia. Jilid I. Terjemahan oleh Badan Litbang Kehutanan, Jakarta.
Hidayat, N., Padaga, M.C., Suhartini, S.. 2006. Mikrobiologi industri. Yogyakarta : CV ANDI OFFSET.
Imron, S., Nugroho, W. A. dan Hendrawan, Y. 2015. Efektivitas Penundaan Proses Fermentasi Pada Nira Siwalan (Borassus flabellifer L.) dengan Metode Penyinaran Ultraviolet. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem. Vol.3 No. 3 : 259-269.
Laksamahardja, M.P. 1993. Pembuatan Gula Merah. Makalah Temu Tugas. Aplikasi Teknologi Perkebunan B.P. Kalbar.
Leasta, H dan Matdoan, M. N. 2015. Pengaruh Lama Fermentasi Terhadap Total asam Cuka Aren (Arenga Pinnata Merr.). Biopendix. Volume 1, Nomor 2 :. 135-140
Lempang, M. 2012. Pohon Aren dan Manfaat Produksinya. Info Teknis EBONI. Vol. 9 No. 1 : 37-54.
Mubin, M. F dan Zubaidah, E. 2016. Studi Pembuatan Kefir Nira Siwalan (Borassus flabellifer L.) (Pengaruh Pengenceran Nira Siwalan Dan Metode Inkubasi). Jurnal Pangan dan Agroindustri. Vol. 4 No. 1 : 291-301.
Muchtadi, T. R. 2010. Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Bandung: Alfabeta.
Nurcahyo, heru. 2011. Diktat bioteknologi. Yogyakarta: jurusan pendidikan biologi fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas negeri yogyakarta.
Panji, C. 1989. Industrial Mikrobia, Dep. Bogor : P dan K, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Pusat Antar Universitas Bioteknologi IPB.
Rahayu, P. W. dan Nurwitri, C. C. 2012. Mikrobiologi Pangan. Bogor : IPB Press.
Simanjuntak. 2008. Bakteri Asam Laktat Mampu Mengikat Toksin. Jakarta: Nirwana Abadi.
Steenis, Van C. G. G. J., dkk. 2006. Flora. Jakarta : Pradnya Paramita.
Syauqiah, I. 2015. Pengaruh Waktu Fermentasi Dan Presentase Starter Pada Nira Aren ( Arenga Pinnata ) Terhadap Bioethanol Yang Dihasilkan. Info Teknik. Volume 16 No. 2.
Wardani,K. 2017. Pengantar Bioteknologi. Malang: Tim UB Press.
Wibowo, Santiyo. 2006. Beberapa Jenis Pohon Sebagai Sumber Penghasil Bahan Pengawet Nabati Nira Aren (Arenga Pinnata Merr.).Balai Litbang Kehutanan Sumatera. Vol. 12 No. 1, April 2006: 67.
Published
2021-04-24
How to Cite
Sinaga, O. T., Fevria, R., Violita, V., & Chatri, M. (2021). Pengaruh Suhu Terhadap Waktu Fermentasi Nira Aren (Arenga pinnata Merr.). Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 2(1), 21-27. https://doi.org/10.32939/symbiotic.v2i1.12