Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Self Regulation

  • Aulia Novitasari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Agus Jatmiko Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Fahmi Elen Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Kata Kunci: Sains Teknologi Masyarakat, Kemampuan Berpikir Kreatif, Self Regulation

Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan pembelajaran abad 21 yang harus dimiliki peserta didik, kemampuan ini diperlukan untuk menemukan ide – ide baru yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam dunia nyata, proses penemuan ide-ide berkaitan erat dengan self regulation. Model Sains Teknologi Masyarakat adalah model pembelajaran  yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk mengamalkan nilai sains, menerapkan pengetahuan ilmiah dan memecahkan masalah di lingkungan masyarakat, dengan ide yang tengah terjadi di masyarakat sebagai topik dalam pembelajaran, model ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self regulation. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Sains Teknologi Masyarakat  terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self regulation. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen, desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 Sumberejo, diperoleh sampel dengan cluster random sampling yaitu  kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data menggunakan MANOVA, diperoleh hasil sig< 0,05 artinya model pebelajaran Sains Teknologi Masyarakat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self regulation peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sumberejo

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anna, P. (2007). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Aunurrahman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alvabeta.

Ayu, M. A., Ketut, A & Ketut, A.P. (2017). Pengaruh Pendekatan Sainstifik Berbantu Model STM Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasa., Vol. 1 No.2.

Budhi, Y. (2016). Pengaruh Model STM Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan .Volume 3 Nomor 1.

Darmiyati, Z.(2010). Humanisasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Dedi, S. (2019). Kreativitas, Kebudayaan, Dan Perkembangan IPTEK. Bandung : ALFABETA.

Eva, L. (2018). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar Kajian Meta Analisis Jurnal Psikologi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Vol.3,No.I.

Ferry, D., Jepriadi, & Kamil, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Media Video Animasi Tiga Dimensi (3D). Pedagogi Hayati, 3(2), 1–11. doi:10.31629/ph.v3i2.1641

Frangkel, R & Wallen, E.N.(2017). How to Design and Evaluate Reseach in Education.Edition 6. New York : The Mc Graw Hill Companies.

Hasanah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan Pembelajaran. Volume 4 Nomor 1.

Martono, N.(2015) Metode Penelitian Kuantitatif Analisis isi dan Analisis Data Sekunder.Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Muhammad, A. (2017) Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik . Jakarta: Bumi Aksara.

N.W. Heni, D. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Dengan Setting Sains Teknoogi Masyarakat Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP, Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan, Vol 5, No. 2. H, 10

Nugroho R. & Aripin (2018). HOTS Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi : Konsep, pembelajaran, dan soal-soal. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Purwakarti, E. (2016). Pengaruh Model Collaborative Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self Regulation Kelas V SD .Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume 8 Nomor 1. .H.109

Rina, P. U., Riezky, M. P, & Umi, F.,(2017). Pengaruh Model Pemebelajaran PBL Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta, Jurnal Pendidikana Biologi, Vol 4, No.1.

Saparina, R, Slamet, S, & Maridi. (2018). pengaruh model STM terdahap belajar biologi siswa kelas X SMA N colomadu. Jurnal bio.pendagogi.vol,4. No. 4. H.61

Smarabawa. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA, Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Vol.3, No.1, H. 19

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sastria, E., Susanti, T., Novallyan, D., & Alfatwa, P. A. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Praktikum Biologi Umum Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Kerinci. Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 1(1), 42 - 52. https://doi.org/10.32939/symbiotic.v1i1.3

Tatang, Y. E. S. (2016) Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpandu dengan Model Wallas dan Creative Problem Solving (CPS)”, Jurnal, vol.1,no.3.

Widodo, A., Wuryastuti, S., & Margareta. (2007). Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI PRESS.

Diterbitkan
2020-10-31
Bagian
Articles