Meta Analisis Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Abstrak
Studi Meta-analisis Pengaruh Model Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa jurnal penelitian lain menggunakan metode meta-analisis dengan mengkaji atau menelaah 10 jurnal penelitian yang berkaitan dengan Pengaruh Model Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah artikel pada jurnal pendidikan yang sudah dipublikasikan seceara nasional maupun internasional dengan kriteria tertentu.instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar data pengkodean artikel atau jurnal. Penelitian meta-analisis dilakukan dengan mengumpulkan data dengan cara memberi kode terhadapa 10 artikel jurnal untuk mencari besar pengaruh (effect size). Berdasarkan lembar data pegkodean artikel model pembelajaran secara keseluruhan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran memberikan pengaruh yang lebih efektif dan perlu diterapkan dalam pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Daryanti, S., Indra Sakti, Dedy Hamdani. 2019. Pengaruh Pembelajaran Model Problem Solving Berorientasi Higher Order Thinking Skill Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Pemcahan Masalah. Jurnal Kumparan Fisika, Vol 2 No2.
Hariawan, H., Kamaluddin, K., & Wahyono, U. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Muhadi. 2021. Pengaruh Implementasi Model Creative Problem Solving Terhadap Peningkatakan Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Proses Sains dan Kesadaran Metakognisi Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 9 No 1.
Muhammad, G. M. Ari Septian, Mastika I. S. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Vol 7 No 3.
Partayasa, W. Gusti Putu S. Nengah S. 2020. Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Masalah Ditinjau Dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 4, No 1.
Pepkin, K. L. 2004. Creative Problem Solving In Math.
Yuliastuti, N. P, I. N. Sukajayam N. M. S. Mertasari. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Berbasis TIK Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bangli. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia. Vol 8 No 2 Tahun 2019.