Hubungan Motivasi Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar (Literatur Review)
Abstrak
Hasil belajar merupakan penentu baik tidaknya pembelajaran. Banyaknya hasil belajar siswa yang kurang baik atau di bawah KKM. Hasil belajar yang baik atau kurang dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah motivasi dan minat belajar. Setiap individu memiliki motivasi dan minat belajar yang berbeda-beda. Motivasi dan minat belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar. Untuk itu dilakukan studi literatur. Tujuan dari literatur review ini adalah untuk melihat hubungan antara motivasi dan minat belajar dengan hasil belajar. Data-base yang digunakan dalam pembuatan literature review ini adalah Google Scholar. Dari 20 artikel yang digunakan dalam literature review didapatkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi dan minat belajar dengan hasil belajar. hasil belajar dengan motivasi dan minat belajar mempunyai hubungan yang lurus. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi dan minat belajar dengan hasil belajar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Atrisa, Z., Susanti, D., Fitriani, V., Sari, L. Y., & Meriko, L. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Biologi. Symbiotic: Journal Of Biological Education And Science, 1(2), 98–105.
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal Of Education Technology, 1(4), 231. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V1i4.12859
Azis, P. A. (2016). Hubungan Minat, Motivasi Belajar Dan Sikap Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 13 Makassar. Journal Of Est, 2(3), 144–151. Http://Ojs.Unm.Ac.Id/Jest/Article/Download/2700/1438
Binuni, J., Kaunang, E. S. N., & Sumampouw, H. M. (2017). Hubungan Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Biologi Sma Negeri 2 Tondano. JSME (Jurnal Sains Matematika Dan Edukasi), 5(2), 184–187.
Diah Monitasari, Suhartono, J. (2016). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn Sekecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2019/2020. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8, 1–23.
Hutagaol, A. R., & Harsono, T. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Biologi Sel Di Kelas Xi Ipa Sma Negeri 3 Sibolga T.P.2015/2016. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(1), 27–31. Https://Jurnal.Unimed.Ac.Id/2012/Index.Php/Pelita/Article/View/3673
Mardianto. (2012). Psikologi Pendidikan Landasan Bagi Pengembangan Strategi Pembelajaran. In Perdana Publishing.
Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar. Wade Group Cv.
Nurlia, N., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321–328. Https://Doi.Org/10.24114/Jpb.V6i2.6552
Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Deepublish.
Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan (T. Wahyono (Ed.)). Lp3m Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Putra, A. T., Tampang, B., & Ponto, H. (2021). Hubungan Minat Dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Elektronika Dasar. 1(1), 31–36.
Ratiana, R. S., Pramudiyanti, & Yolida Berti. (2014). Mahasiswa Pendidikan Biologi Staf Pengajar 2 Staf Pengajar. Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 2(4).
Ratna, Zulfadli, V. (2022). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Lintas Minat Di Sma Hang Tuah Tarakan. Biopedagogia, 4(1), 18–44.
Rosiana, L. D. (2017). Hubungan Minat Dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sdn Gugus Wahidin Sudirohusodo Kec Wonosobo Kabupaten Wonosobo. Joyful Learning Journal, 6(3), 176–182.
Runi Rismarito Sianturi, Masdiana Sinambela, H. (2017). Hubungan Bimbingan Orang Tua Dan Minat Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa Sma Swasta Yayasan Pembinaan Keluarga Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(1), 111.
Sari, E. (2015). Hubungan Antara Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Pada Makhluk Hidup Di Kelas Viii Smp Negeri 16 Pekanbaru Tahun Ajaran 2014/2015. Lectura: Jurnal Pendidikan, 6(1).
Sermatan, S., Sangi, N., & Sanger, R. (20121). Hubungan Minat Dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Teknik Instalasi Penerangan Listrik Siswa Smkn 2 Tanimbar Selatan. Jurnal Edunitro: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 1–8. Https://Ejurnal.Unima.Ac.Id/Index.Php/Edunitro/Article/View/1141
Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan (Solicha (Ed.)). Rajawali Press.
Taa, A. A., Liu, A. N. A. M., & Kaleka, M. (2021). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma. Edufisika, 6(1), 41–51. Https://Doi.Org/10.22437/Edufisika.V6i1.11475
Taiyeb, A. M., & Mukhlisa, N. (2015). Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bionature, 16(1), 8–16. Http://Ojs.Unm.Ac.Id/Bionature/Article/Viewfile/1563/627
Thahir, A. (2014). Psikologi Belajar. Universitas Negeri Raden Intan Lampung.
Yudanti, N. A., & Premono, S. (2021). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Block System Proses Industri Kimia. Journal Of Tropical Chemistry Research And Education, 3(1), 10–17. Https://Doi.Org/10.14421/Jtcre.2021.31-02
Yuliany, N. (2018). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Sdn Emmy Saelan Makassar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 126. Https://Doi.Org/10.24252/Auladuna.V5i2a1.2018