Pengembangan Media (TPQ) Tangga Pintar QR Code dengan Nilai Keislaman Materi Jaringan Tumbuhan di Tingkat SMA/MA
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media (TPQ) tangga pintar QR code dengan nilai keislaman dan mengetahui kelayakan terhadap pengembangan media TPQ dengan nilai keislaman materi jaringan tumbuhan di tingkat SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan R&D dengan model pengembangan 4D, diuji cobakan di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa dari kelas XI MIPA dan XI MIPA Tahfidz MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus yang telah mendapatkan materi jaringan tumbuhan. Pengumpulan data dengan menggunakan angket validasi ahli serta hasil uji coba media pengembangan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan cluster random, dianalisis menggunakan analisis rumus persentase dari Nawal Sartika Sari dan analisis rasch model. Hasil penelitian pengembangan ini adalah penilaian validasi ahli media mendapatkan skor 88,64% masuk pada kategori “Sangat valid”. Pada ahli materi mendapatkan skor 93,75% masuk pada kategori “Sangat valid”. Ahli evaluasi mendapatkan hasil layak digunakan untuk pembelajaran. Pada analisis penilaian guru mendapatkan skor 94,43% masuk pada kategori “Sangat praktis”. Pada analisis penilaian siswa mendapatkan skor 69,38% menunjukkan kategori “Praktis”.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif Dan Kualitatif). T Rajagrafindo Persada.
Erviana, V. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Tangga Pintar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 58–67. https://journal.uny.ac.id.
Fitria, P. S. dkk. (2020). Analisis Miskonsepsi Materi Jaringan Tumbuhan dan Jaringan Hewan Siswa Kelas XI di Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Dan Workshop Biologi IPA Dan Pembelajarannya Ke-4, 3, 296. https://www.researchgate.net/publication/342328258.
Jalil, M. dkk. (2021). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Biologi. Farha Pustaka.
Kholidah, L. N. (2015). Pola Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan. At-Ta’dib: Journal of Pesantren Education, 10(2), 325–340. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/459.
Lee, J. K., Lee, I. S., & Kwon, Y. J. (2011). Scan & Learn! Use of quick response codes & smartphones in a biology field study. . The American Biology Teacher, 73(8), 440–502. https://doi.org/10.1525/abt.2011.73.8.11.
Lestari, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Di Kawasan Wisata Goa Kreo Pada Materi Ekosistem Kelas X Sma Negeri 16 Semarang. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 24–25. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/3113.
Lisnawati. (2021). Urgensi Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 37–48. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/152.
Maria Ulfah, D. (2022). Konsep Pendidikan Karakter yang Terkandung Dalam Al- Qur’an Surah Al-An’am Ayat 151-153 dan Relevansinya bagi Anak Usia Madrasah IbtidaiyAH. In ePrint UNISKA. http://eprints.uniska-bjm.ac.id.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.
Nawal Sartika Sari, Nurul Farida, and Dwi Rahmawati, “Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Melatih Literasi Matematika,” Jurnal Kependidikan, 1.1 (2020), 15, garuda.kemdikbud.go.id.
Rizaldy, David, D. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Website Geoeduvid terhadap Pengetahuan Spasial Geografi Siswa di SMA Walisongo Karangmalang. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(8.5.2017), 2003–2005. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders.