Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan pada materi pencemaran lingkungan, serta menganalisis faktor penghambat dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan. Peneliti menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan) dengan pendekatan konten analysis. Analisis dilakukan pada sumber data berupa buku dan sejumlah jurnal yang relevan dengan penelitian, kemudian peneliti mencari benang merah untuk bisa dibuat generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dalam materi pencemaran lingkungan berpengaruh positif dan dapat mengembangan sikap peduli lingkungan pada siswa. Terdapat sejumlah faktor penghambat dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan siswa antara lain: (1) kontinuitas siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan terutama saat melakukan pembelajaran outdoor, (2) keterbatasan waktu untuk penanaman nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran, (3) perlu diimbangi penanaman nilai peduli lingkungan di lingkungan keluarga.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Badarudin. (2018). Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Dan Prestasi Belajar IPA Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Dikelas IV MI Muhamadiyah Keramat. Pendidikan Dasar Indonesia.
Budimansyah, D . (2003). Model Pembelajaran Biologi Berbasis Portofolio. Bandung: Ganesindo
Djuandi, D. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Geografi: 16 (1). https://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/view/3465
Endraswara, S. (2011). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Tim Redaksi CAPS.
Ferry, D. (2019). Local Wisdom Based Water Resources Conservation for Environmental Sustainability. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 8(2), 220-230. doi:http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v8i2.2538
Herzon, H. H., Budijanto., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Education, Vol 3 (1)
Laelasari, I., & Anggraeni, S. (2017, February 3). Improving Critical Thinking and Metacognition Ability Using Vee Diagram through Problem-Based Learning of Human Respiratory System. https://doi.org/10.2991/icmsed-16.2017.16
Laelasari, I., & Hilmi Adisendjaja, Y. (2018). Mengeksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Kegiatan Laboratorium Inquiry Sederhana (Vol. 01). Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea
Lestari, Y. (2018). Penanaman nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal pendidikan ke-SDan. 4 (2) 332-337. https://media.neliti.com/media/publications/259037-penanaman-nilai-peduli-lingkungan-dalam-727b76e3.pdf
Nafiah Y.N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 4 (1), 125-143.
Monica H, Kesumawati, N., & Septiati E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Keyakinan Matematis Siswa. Jurnala Matematika dan Pembelajaran, Vol 7 (1). 128-137.
Ngalimun. (2016). Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Rerung, N., Sinon I., & Widyaningsih, S.W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha dan Energi. Ajurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol 6 (1).
Shofiyah, N., & Wulandari, F.E. (2018). Model Problem Based Learning Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Vol 3 (1), 33-38.
Sriyanto. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Kelas XI Tb 1 SMK Negeri 1 Bancak Kabupaten Semarang. Jurnal Artefak, Vol 3 (1). 34-40.
Sumianto. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan: 179-188.
Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Susanti, S., Masriani, S., & Lukman, H. (2017). Pengaruh Model Prombel Based Learning Terhadap Sikap Peduli Lingkungab Siswa SMP NEGERI 6 PONTIANAK.
Sutarjo, A. (2013). Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakarta:Rajawali Pers.
Triani, D.S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Keguruan Universitas Bengkulu.
Zahara, S.R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Relativitas, Vol 1 (1), 9-17.