Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Biologi
Abstrak
The purpose of this study was to determine the relationship between learning motivation and student learning outcomes in the biology learning media course at STKIP PGRI West Sumatra. The research method used is descriptive research with a sample size of 59 students. The sampling technique used total sampling. Instrument of the research was a questionnaire by using a Likert scale. The data were processed using descriptive analysis. The results of this study showed that r-count = 0.07 and r-table = 0.266. It shows that the value of r-count <r-tabel which means there is no significant relationship. So, it was found that there was a very low and insignificant relationship between motivation and student learning outcomes in the biology learning media course at STKIP PGRI West Sumatra in academic year 2018 / 2019.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Deci, A.(2018). Hubungan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Biologi Melalui Penggunaan Handout Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Perkuliahan Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar Biologi Di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Skripsi.Padang: STKIP PGRI SUMBAR.
Doyan, A., Taufik, M., dan Anjani, R. (2018).Pengaruh Pendekatan Multi Representasi terhadap Hasil Belajar Fisika ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 35-45.
Emda Amma. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 (2017) 93-196
Fauziah, Amni, Rosnaningsih, Asih., Azhar, dan Samsul. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol. 4 No. 2 hal.47-53.
Gardjito, Aldo Herlambang., Musadieq, Mochammad Al., Nurtjahjono, Gunawan Eko. 2014. Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT. Karmand Mitra Andalan Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 13 No. 1. Hal 1-8.
Leomora, Inne, Agnes Sinaga, Masdiana Sinambela, Rosida. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Biologi pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusi Kelas XI MIA SMA Negeri 16 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan Vol. 5 No. 2
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Maryam. 2016. Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 4 No. 2. Hal 87-97.
Mulyaningsih, I. E. (2014).Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 441-451.
Ramdhoni, Evan ., Wiharna, Ono., Mubarak, Ibnu. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 6, No.Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 4, No.2.hal 228-234.
Riduwan. (2012). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman. (2016). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Persada.
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi Pendidikan Ekonomi UM Metro Vol.3.No.1 (2015) 73-82
Susanti, D., Fitriani, V., & Sari, L.Y. (2019). Praktikalitas Modul Media Pembelajaran Biologi Berbasis Project Based Learning (PjBJ) .Jurnal Pelita Pendidikan, 7(4), 139-143.
Susanti, D., Sari, L.Z, & Fitriani, V. (2020). Curriculum Analysis of Biological Learning Media Module Development Based on Project Based Learning (PjBL). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 6(2), 157-161. doi:https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.302
Sutrisno, V. L. P., dan Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111-120.
Tiara, T., & Maidita, E. N. (2020). Pengaruh Strategi Critical Incident Pada Hasil Pembelajaran IPA The Effect Of Critical Incident Strategy On Science Learning Output. Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 1(1), 25-30.
Uno, H. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa10 Halim Perdana Kusuma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177-185.