Persepsi Guru dan Peserta didik kelas XI IPA Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Sungai Penuh

  • Alfina Rahayu Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang
Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Online, Biologi, COVID-19

Abstrak

COVID-19 memberikan dampak terhadap berbagai sektor kehidupan. Salah satunya berdampak pada sistem pendidikan. Sistem pembelajaran yang biasa terlaksana secara langsung dan tatap muka berubah menjadi pembelajaran online dimana guru dan peserta didik tidak perlu bertemu secara langsung. Pembelajaran online merupakan alternatif untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Pembelajaran online menjadi tantangan baru bagi pendidikan indonesia. Salah satunya pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi guru dan peserta didik mengenai pembelajaran online selama masa pandemi pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada guru dan peserta didik kelas XI IPA sebagai responden. Kuesioner terdiri dari beberapa butir pernyataan yang menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban. Pada kuesioner untuk guru berfokus pada 4 dimensi yaitu keterlaksanaan, ketertarikan, motivasi, serta sikap dan tanggapan. Pada kuesioner untuk peserta didik berfokus pada 5 dimensi yaitu keterlaksanaan, ketertarikan, motivasi, sikap dan tanggapan, serta kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online pada mata pelajaran biologi belum terlaksana dengan baik. Guru dan peserta didik memiliki kendala dalam pelaksanaan pembelajaran biologi secara online.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi COVID-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 10, No. 3: 282-289.
Arifin, H. N. 2020. Respon Siswa terhadap Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi COVID-19 di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan. Widya Balina, Vol. 5, No. 9: 1-12.
Belawati, T. 2019. Pembelajaran Online. Banten: Universitas Terbuka.
Cahyani, A., Listiana, I. D., dan Larasati, S. P. D. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1: 123-140.
Firman dan Rahman, S. R. 2020. Pembelajaran Online ditengah Pandemi COVID-19. Indonesia Journal Of Educational Science (IJES), Vol. 3, No. 2: 81-89.
Gusty, S., Nurmiati, Muliana, Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L., Manuhutu, M. A., . . . Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Hanurani, H. 2019. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Biologi Madrasah Aliyah melalui Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 13, No. 35: 10-12.
Irawati, R. dan Santaria, R. 2020. Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 2: 264-270.
Jamal, F. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Maju (Jurnal Pendidikan Matematika), Vol. 1, No. 1: 18-36.
Jariyah, I. A., dan Tyastirin, E. (2020). Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi COVID-19: Analisis Respon Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, Vol. 4, No. 2: 183-196.
Juliyana, M. dan Herlambang, Y., T. 2020. Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia, Vol. 12, No. 1: 281-294.
Maunah, B. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Rahmatia, Syahira, dan Sajaril, A. E. 2020. Persepsi Siswa dan Guru terhadap Pembelajaran Daring di SMA Yapis Manokwari Kelas XI. Jurnal Visipena, Vol. 11, No. 2: 334-351.
Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., dan Ulfayati, Z. A. 2020. Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru dan Siswa). Journal Of Islamic Education Of Elementary School, Vol. 1, No. 1: 10-16.
Saefulmilah, M. I., dan Saway, M. H. M. 2020. Hambatan-Hambatan pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMA Riyadhatul Jannah Jalancagak Subang. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 2, No. 3: 393-404.
Simatupang, N. I., Sitohang, S. R. I., Situmorang, A. P., dan Simatupang, I. M. 2020. Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online pada Masa Pandemi COVID-19 dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, Vol. 13, No. 2: 197-203.
Utami, Y. P dan Cahyono, D. A. D. 2020. Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), Vol. 1, No. 1: 20-26.
Wulandari, I. G. A. A., dan Agustika G. N. S. 2020. Dramatik Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, Vol. 8, No. 3: 515-526.
Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., . . . Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan : Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.
Zainuddin, R. 2020. Respon Siswa MAN Paser terhadap Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran Geografi. Pangea, Vol. 2, No. 1: 124-132.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., dan Chairiyaton. 2020. Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran selama Masa Karantina COVID-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, Vol. 4, No. 1: 37-45.
Diterbitkan
2021-04-23