Analisis Efektivitas Program MBKM dari Perspektif Mahasiswa: Peran dan Keterlibatan Organisasi Pendidikan (Studi Kasus pada Mahasiswa Departemen Biologi Universitas Negeri Padang)
Abstrak
Pengembangan organisasi dalam pendidikan merupakan pendekatan sistematis yang bertujuan meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan adaptabilitas lembaga pendidikan. Dalam konteks ini, peran pemimpin pendidikan sangat penting untuk menciptakan budaya kolaborasi dan inovasi. Pelaksanaan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di perguruan tinggi adalah inisiatif transformasional yang memberikan fleksibilitas dalam proses pembelajaran dan relevansi pendidikan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. Penelitian ini mengevaluasi implementasi Program MBKM di Departemen Biologi Universitas Negeri Padang dari perspektif mahasiswa. Menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, and Product), penelitian ini mengumpulkan data dari 82 mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan MBKM. Hasil analisis menunjukkan bahwa kegiatan asistensi mengajar adalah yang paling diminati. Program MBKM dinilai efektif dengan rata-rata evaluasi 83,20%, yang berarti program tersebut berhasil meningkatkan kompetensi tambahan dan keterampilan mahasiswa. Evaluasi juga menunjukkan bahwa program MBKM berhasil meningkatkan adaptabilitas mahasiswa terhadap perubahan teknologi, keterampilan abad 21, dan kesiapan memasuki dunia kerja. Secara keseluruhan, implementasi MBKM di UNP telah berdampak positif pada pengembangan organisasi pendidikan, memperkuat kapasitas internal, dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Institusi perlu terus mengoptimalkan pengelolaan informasi dan dokumentasi terkait program MBKM untuk memastikan pelaksanaan yang lebih baik di masa depan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ahyar, A. M., & Zumrotun, E. (2023). Upaya Meningkatkan Budaya Literasi di Sekolah Dasar Melalui Implementasi Progam Kampus Mengajar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 291-301.
Andrian, D., Titisari, P. W., & Hidayat, F. (2022). Efektivitas program MBKM dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa pasca kampus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7403-7414.
Angga, Abidin, Y., &Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 1: 1046-1054.
Arjanto, P., Antariksa, W. F., Mustiningsih, M., & Timan, A. (2022). Persepsi Mahasiswa terhadap Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 5(3), 247-257.
Asril, C. M., Amiruddin, A., & Lamada, M. S. (2023). Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product). Jurnal Media TIK, 6(1), 108-115.
Bambang AK., T., Anggrainy, R., Syaefuddin, E. A., Yusuf, I., & Nugraha, H. D. (2023). Pemahaman Mahasiswa terhadap Efektivitas Program MBKM: Studi Kasus di Rumpun Teknik Mesin FT UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 10(2), 128-140.
Cameron, E., & Green, M. (2015). Making Sense of Change Management: A Complete Guide to the Models, Tools and Techniques of Organizational Change (2th ed.). London: Kogan Page Publishers.
Cummings, T.G. and Worley, C.G. (2015). Organization Development and Change. Cengage Learning, Boston.
Defrizal, Narundana, V. T., Nurdiawansyah, Dharmawan, Y. Y., dan Redaputri, A. P. (2022). Evaluation of The Implementation of the Independent Learning Program for the Independent Campus (MBKM) at The Faculty of Economics and Business - Bandar Lampung University. Borneo Educational Journal, Vol. 4, No. 2: 1-20.
Desimone, L. M. (2009). Improving Impact Studies of Teachers’ Professional Development: Toward Better Conceptualizations and Measures. Educational Researcher, 38(3), 181-199.
DuFour, R., Eaker, R., Many, T. W., & Mattos, M. (2016). Learning by Doing: A Handbook for Professional Learning Communities at Work (3rd ed.). Bloomington, IN: Solution Tree.
Fullan, M. (2001). Leading in a Culture of Change. San Francisco: Jessey-Bass.
Hadisaputra, Ulviani, M., Tasman, A., Ardiansyah, & Yewi, D. (2023). Analisis Gender dalam Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) DI Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Sipakalebbi, 7(2), 115-127.
Hastangka, H., & Hidayah, Y. (2023). Kebijakan Dan Manajemen Pendidikan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka: Persoalan dan Tantangan. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 1-16.
Irwan, I., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2021). Perilaku dan Pengembangan Organisasi Pendidikan (Cross Cultural and Global Approaches to Change Management). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 582-587.
Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan Henny. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 pada Aspek Keterampilan Pembecahan Masalah Siswa SMA Kota Bengkulu dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, Vol.3, No.1: 25-32.
Juliawan, I. W., Qondias, D., Suastini, N. W., Sucipto, I. M. D., Badriyah, R. D. U., & Pucangan, K. R. V. (2023). PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP AKTIVITAS MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 260–273. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.951
Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. (2022). Impelementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berdasarkan persepsi dosen dan mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 738-748.
Knight, J. (2009). Coaching: Approaches and Perspectives. Corwin Press.
Manurung, H. R., & Maramis, J. B. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Program Kampus Merdeka Berdasarkan Persepsi Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa FEB Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), 1589-1596.
Mayasari, I., Rahmania, T., Cempaka, G., Subagjo, A., & Driarkoro, R. (2022). Monitoring dan Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sebagai Peningkatan Kualitas Pendidikan di Tingkat Fakultas: Studi pada Universitas Paramadina. Jurnal Manajemen dan
Bisnis Madani, 4(1), 1-11.
Muchtar, A. A., Wahyudin, Y., Niarrofah, N., & Muthiah, S. (2023). Efektivitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi Mahasiswa Program Kampus Mengajar. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 249-258.
Nofia, N. N. (2020). Analisis Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 61-72.
Putri, I. F., & Astutik, A. P. (2023). Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(2), 125-136.
Redhana, I W. (2019). Mengembangakan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol.13, No.1: 2239-2253.
Sahabuddin, E. S., Amrah, A., Hotimah, H., Makkasau, A., & Sari, N. I. Efektivitas Pelaksanaan Program Kampus Mengajar terhadap Kapasitas Kinerja Guru dan Mahasiswa. In Seminar Nasional Hasil Penelitian, LP2M Univeristas Negeri Makasar, 2022, pp. 2332-2356.
Sari, S. P., Witono, B., & Nugroha, H. (2021, December). Analisis Dampak Kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dalam Peningkatan Keterampilan dan Keahlian Lulusan Program Studi Akuntansi (Magang pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk.). In Seminar Nasional dan Call of Paper: Implementasi Dampak MBKM, 2021, pp. 1-20.
Schein, E. H. (1995). Kurt Lewin's Change Theory in the Field and in the Classroom: Notes toward a Model of Managed Learning. Working Paper, 3821.
Semenets-Orlova, I., Kushnir, V., Rodchenko, L., Chernenko, I., Druz, O., & Rudenko, M. (2023). Organizational Development and Educational Changes Management in Public Sector (Case of Public Administration During War Time). International Journal of Professional Business Review, 8(4), 1-15.
Stufflebeam, D. L., & Zhang, G. (2017). The CIPP Evaluation Model: How to Evaluate for Improvement and Accountability. Guilford Publications.
Yoesdiarti, A., Amril, L. O., Kardaya, D., Handarini, R., & Yektyastuti, R. (2022). Strategi Pengembangan Program Pembelajaran MBKM Dalam Rangka Peningkatan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora, 13(1),