Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Booklet Bernuansa Kontekstual Pada Materi Virus dan Peranannya Sebagai Media Pembelajaran Elektronik Biologi Fase E di SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak
Abstrak
Perkembangan TIK berdampak positif pada media pembelajaran yang digunakan. Namun ditemukan bahwa guru yang belum mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis TIK di SMAN 1 Kec. Guguak. Kesulitan tersebut diakibatkan minimnya keterampilan guru dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perlunya mengembangkan media pembelajaran berbasis elektronik dalam bentuk e-booklet bernuansa kontekstual untuk peserta didik Fase E di SMAN 1 Kec. Guguak. E-booklet didesain ringkas, sistematis serta diberikan contoh-contoh lingkungan sekitar siswa. Siswa akan menjadi paham manfaat pengetahuan yang diperoleh untuk kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ialah angket peserta didik berisikan pertanyaan-pertanyaan mengenai proses dan penggunaan media pembelajaran kepada kelas XI Fase F dan lembar panduan wawancara guru biologi SMAN 1 Kec. Guguak. Subjek penelitian ini terdiri dari 60 siswa Kelas XI Fase F dan satu guru Biologi SMAN 1 Kec. Guguak. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang melibatkan pengumpulan data kualitatif dan pemberian penjelasan deskriptif. Menurut penelitian, semua siswa membutuhkan materi pembelajaran elektronik seperti e-booklet, dan di antara konten kursus biologi yang dianggap sulit dipahami, 38,8% siswa mengutip materi virus. Selanjutnya, 100% siswa mendukung penggunaan e-booklet yang menyediakan seluk-beluk kontekstual untuk membuat pembelajaran lebih relevan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Afriani, A. (2018). Pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 80–88.
Alfarid, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet berbasis Nilai Keislaman pada Materi Animalia di Kelas X SMA/MA. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 3, 93–104.
Anjarsari, M., Rochmiyati, R., & Distrik, I. W. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 462–474.
Ayunda, S. N. (2024). Meta-Analisis: Validitas Pengembangan E-Booklet Pembelajaran Biologi untuk Peserta didik SMA. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 5(2), 152–163.
Azhari, S. A. A. D., Mukmin, B. A., & Wenda, D. D. N. (2022). Pengembangan bahan ajar booklet berbasis kontekstual pada materi sumber energi untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 159–164.
Bujuri, D. A., & Baiti, M. (2019). Pengembangan bahan ajar IPA integratif berbasis pendekatan kontekstual. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 184–197.
Bulan, A., & Imansyah, M. N. (2023). Persepsi Guru Bahasa Inggris Terhadap Multimedia Pembelajaran Interaktif dan Pembelajaran Terdiferensiasi. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 233–238.
Hanifah, H., Afrikani, T., & Yani, I. (2020). Pengembangan media ajar e-booklet materi plantae untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Journal Of Biology Education Research (JBER), 1(1), 10–16.
Hoiroh, A. M. M., & Isnawati, I. (2020). Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2). https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p292-301
Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma pembelajaran biologi di era digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12–17.
Khoiro, M., Ruja, I. N., & Towaf, S. M. (2021). Permasalahan guru IPS dalam pengembangan media pembelajaran di SMP Brawijaya Smart School Malang berbasis TIK. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(3), 270–276.
Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 175–182.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171–187.
Nursamsu, N., & Kusnafizal, T. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran ICT sebagai kegiatan pembelajaran siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 1(2), 165–170.
Purwati, N., Waluyo, J., & Suratno, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Virus Berbasis Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Pancaran Pendidikan, 4(3), 89–98.
Rahma, A. N., Noorhidayati, N., & Hardiansyah, H. (2022). Kelayakan dan Keterbacaan Bahan Ajar Konsep Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Berbentuk Booklet Elektronik. JBES: Journal of Biology Education and Science, 2(1), 1–10.
Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 603–611.
Setiyorini, N. D. (2018). Pembelajaran Kontekstual IPA Melalui Outdoor Learning di SD Alam Ar-Ridho Semarang. Al-Mudarris: Journal Of Education, 1(1), 30–38.
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224.
Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis kontekstual dengan konsep tri hita karana untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 479–490.
Winda, W. A., Hardiansyah, H., & Mahrudin, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk E-Booklet Ikan Familia Bagridae Di Sungai Barito Desa Bantuil Kabupaten Barito Kuala Pada Konsep Animalia. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(3), 61–77.
Yuliana, F. H., Fatimah, S., & Barlian, I. (2021). Pengembangan bahan ajar digital interaktif dengan pendekatan kontekstual pada mata kuliah teori ekonomi mikro. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 36–46.